Intel Rilis Prosesor Baru Core i9, Harga Mulai dari 3 juta sampai 27 juta rupiah

Intel-Core-i9-X-series-Skylake

AMD memberi tahu platform desktop high-end baru (HEDT), ThreadRipper 16-core 32-thread beberapa pekan yang dulu. Pada ajang Computex di Taipei, giliran Intel unjuk gigi dengan platform HEDT-nya, agar dapat bersaing langsung dengan AMD. Platform Intel, yang terdiri dari chipset X299 dan prosesor seri X, terus digenjot performanya hingga 18 core dan 36 thread.

Segmen HEDT ditujukan untuk gamer, video streamer, dan pencipta konten tajir dengan kantong tebal. Platform baru ini mempunyai cakupan yang lebih luas dan kompleksitas yang lebih besar daripada platform X99 yang digantikannya. Untuk low end tersedia procesor “Kaby Lake-X”: i5-7640X dan i7-7740X. Chip ini amat sangat serupa Procesor Kaby Lake yang telah dijual perdana tahun ini; 4 core dengan 4 thread buat i5 atau 8 thread pada i7, dua channel memori, dan 16 trayek PCIe 3 alamat CPU itu sendiri.

Skylake-X bukan apa adanya procesor dengan platform dan soket baru, sebagai gantinya, Skylake ialah version desktop berasal Skylake-SP yang nantinya difungsikan bagi chip Xeon generasi berikutnya. Skylake-X akan mencakup beberapa fitur baru Skylake-SP, seperti set instruksi AVX-512 baru yang keduanya menaikan ukuran operasi vektor (naik dari 256-bit) dan menyertakan instruksi baru untuk membuat operasi vektor tersebut lebih fleksibel. Skylake-X juga akan mempertahankan beberapa desain yang ditemukan di platform X99: sementara Skylake-SP akan mendukung hingga enam saluran memori, X akan dibatasi hingga empat.

Skylake-X serta memperkenalkan revisi teranyar bermula feature Turbo Boost Max 3 yang dipakai buat chip Broadwell-E HEDT generasi pada awal mulanya. Skylake – X kembali berikan kejutan dgn cache yg dimanfaatkan untuk chip baru. Cache yg dipakai tak sama dgn chip Skylake dan sedang Broadwell-E. jalan berlawanan core individu kini memperoleh 1MB cache private strata 2, naik segede 256KB.

Chip Skylake-X semula bakal menambah area system penomoran Intel: Intel meneruskan branding i9 baru yang beruang di atas merk i7 kepada procesor lapisan atasnya.

Seperti yang biasa dilakukan Intel, harga kisaran Skylake X akan mengalami segmentasi tertentu. Skylake X yang paling murah, dengan enam core, 12 thread i7-7800X di banderol dengan harga USD389, tidak termasuk fitur Turbo Boost Max 3 dan hanya mendukung memori 2400MHz. Sedangkan delapan core, 16-thread i7-7820X, dengan 28 jalur PCIe 3, dihargai sebesar 599, dan  akan mendukung kecepatan memori hingga 2666MHz. Untuk harga USD999, konsumen mendapatkan 10-core, 20-thread i9-7900X dengan fitur 44 jalur PCIe, Turbo Boost Max 3, dan memori 2666MHz. Bagi yang uangnya tidak berseri, bisa memilih chip 18-core, 36-thread, i9-7980XE atau bisa disebut i9 Extreme dengan harga USD1,999.

About Yohanes Fajar

Kita memerlukan 4000 tahun untuk berpindah dari penggunaan besi menjadi industri. Kita hanya memerlukan 40 tahun untuk berpindah ketahap komputer. Dan kedepannya kita hanya memerlukan 4 tahun untuk menjadikan dunia ini berbeda dari sebelumnya. Dan pada akhirnya setiap hari kita akan melihat teknologi yang berbeda.

View all posts by Yohanes Fajar →