Google Memperkenalkan Aplikasi Penghemat Kuota

thumb

Google baru saja meluncurkan sebuah aplikasi di Android yang dapat membantu kita untuk memantau serta mengontrol habisnya kuota data pada smartphone kalian. Bernama “Datally”, aplikasi tersebut juga telah tersedia di Indonesia.

Aplikasi ini telah diuji cobakan oleh Google dalam kurun waktu beberapa bulan di Filipina, salah satu negara berkembang dimana kecepatan serta tarif internetnya bukanlah yang terbaik. Hasilnya, data dapat dihemat hingga 30% melalui aplikasi ini.

“Tarif data internet cukup mahal bagi banyak orang di seluruh dunia. Dan yang lebih buruk lagi, sulit untuk mencari taahu ke mana semua data itu dihabiskan. Itu berarti Anda tidak pernah hanya mengobrol, bermain game atau menonton video di ponsel Anda — Anda juga dengan cemas mengawasi berapa lama kuota data Anda akan bertahan,” kata Caesar Sengupta, VP, Next Billion Users Team, Google.

“Itulah sebabnya kami membuat Datally, aplikasi yang membantu Anda memahami, mengendalikan, dan menyimpan data. Dengan Datally, Anda dapat menyimpan lebih banyak dan melakukan lebih banyak dengan data Anda.” Datally dapat membantu kalian dalam tiga hal utama; mengerti, mengontrol, serta bagaimana untuk menghemat data yang dikonsumsi oleh smartphone.

Lewat aplikasi ini, kalian bisa memantau penggunaan data dalam basis waktu tiap jam, harian, mingguan maupun bulanan, dengan rekomendasi-rekomendasi yang bisa dilakukan untuk menghemat data lebih baik lagi. Datally juga memiliki fitur Data Saver — nyalakan, dan secara otomatis data yang berjalan di background akan dicegah, serta melacak penggunaan data secara real-time.

datally_1

Selain menghemat data, Datally juga bisa memberikan informasi jika tersedia Wi-Fi umum yang dapat kalian gunakan di area terdekat, dan membantu agar bisa terhubung. Setelah terhubung, pengguna akan dihimbau untuk memberikan rating supaya pengguna lain bisa mengetahui kualitas Wi-Fi tersebut.

datally_2

Datally sudah dapat diunduh di Google Play Store dan tersedia untuk semua smartphone Android dengan sistem operasi minimal Android Lollipop 5.0.

About Yohanes Fajar

Kita memerlukan 4000 tahun untuk berpindah dari penggunaan besi menjadi industri. Kita hanya memerlukan 40 tahun untuk berpindah ketahap komputer. Dan kedepannya kita hanya memerlukan 4 tahun untuk menjadikan dunia ini berbeda dari sebelumnya. Dan pada akhirnya setiap hari kita akan melihat teknologi yang berbeda.

View all posts by Yohanes Fajar →